13569936_10206711354683629_13320198_o

Ziarah ke makam Cibabangsalan (Buyut Subang, R. Wirananggapati).

Keberadaan sejarah desa Subang memang tidak bisa dilepaskan dari kisah dan sejarah babad buyut Wirananggapati / Raden mas WuryahMertapura. Menurut cerita, Desa Subang Kuningan awal mulanya didirikan oleh Raden Wirananggapati yang merupakan putra dari Raja Mataram Raden Mas Jolang yang hijrah ke wilayah barat dan menjadi kuwu/Dalem di wilayah Subang saat ini.

Raden Wirananggapati dimakamkan di daerah yang kini menjadi areal persawahan bernama Cibabangsalan. Nama Cibabangsalan ini diambil dari kata babang (pergi / kabur/ tidak mau kembali lagi) dan Asal-asalan (asal / awal mula). Yang jika diartikan bermakna “tempat Dimana beliau pergi dari tempat asalnya untuk menetap dan tidak kembali lagi”.

Sampai sekarang, makam buyut Wirananggapati masih sering diatangi oleh peziarah. Baik itu berasal dari desa subang sendiri ataupun dari luar desa Subang. Bahkan, ketika hari jum’at anak-anak SD di wilayah subang diajak untuk berziarah ke makam buyut Wirananggapati oleh guru-guru mereka sambil membersihkan komplek astana (pemakaman)dari sampah dan rumput liar. Hal ini dilakukan, agar generasi muda desa Subang kelak tidak lupa kepada asal mula mereka, dan menanamkan kecintaan terhadap daerahnya sendiri.

Begitu pula dengan jajaran perangkat desanya, Kepala Desa Subang Bapak E. Sumarda beserta Jajarannya rutin selalu menziarahi makam Buyut Wirananggapati setiap hari Jum’at atau hari lainnya. Hal ini dilakukan, untuk memberikan contoh kepada masyarakat bahwa Desa Subang memiliki aset yang tak ternilai harganya yaitu sejarah mereka sendiri yang patut dijaga dan dilestarikan keberadaannya.

Untuk itu, Kepala Desa Subang Bapak. E. Sumarda senantiasa memberikan arahannya kepada jajarannya untuk senantiasa menjaga dan melestarikan kompleks pemakaman Rd. Wirananggapati tersebut agar kelak anak cucu mereka masih bisa melihat sejarah dan asal-usul mereka.

 

Penulis : YWR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*