tarling.02

TARLING (TARAWEH KELILING)

Tarling atau singkatan dari tarawih keliling, adalah kegiatan yang biasa dilakukan oleh perangkat Desa Subang (Kepala Desa) dan jajarannya. Hal ini dilakukan Dalam rangka mempererat tali silaturahmi antara kepala desa dengan masyarakat desa subang secara menyeluruh untuk lebih mengakrabkan diri dan juga menyerap keluhan dan aspirasi masyarakat desa.

tarling.01

Dengan kata lain, Tarawih keliling juga menjadi ajang blusukan yang efektif bagi kepala desa untuk mengetahui sejauh mana pembangunan berjalan di desanya. Hal ini pun dimanfaatkan oleh warga untuk menyampaikan hal-hal apa saja yang kurang dalam pemerataan pembangunan di wilayah mereka.

Pada tahun ini, tarling dilakukan hampir setiap hari oleh Kades Desa Subang. Dimulai dari Dusun Cijambu, lalu dilanjutkan di mesjid agung Attaqwa, lalu ke Cililitan, manglayang, Batureong, Blok Jati, Sukasari, dan di Cirahayu.

Dalam sambutan di setiap kegiatan tarling, Bpk Kepala Desa E. Sumarda selalu menghimbau dan mengingatkan kepada seluruh warga agar selalu menjaga ketertiban, dan keamanan di wilayahnya masing-masing. Hal ini dikarenakan menjelang hari raya Idul Fitri, sering terjadi kasus kehilangan/pencurian. Untuk itu diperlukan kekompakan dan koordinasi dari seluruh elemen masyarakat dalam menjaga keamanan di wilayahnya masing-masing.

Bapak kades E. Sumarda juga berharap agar kegiatan tarawih keliling ini bisa tetap lestari pada penerus kepemimpinannya nanti. Agar harmonisasi antara masyarakat dan pemimpinnya bisa selalu terjaga dengan baik.

 

Penulis : YWR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*