Pondok Pesantren Al - Istiqomah Dusun Manis "Rengganis"
Pondok Pesantren Al - Istiqomah Dusun Manis "Rengganis"

Pesantren Al-Istiqomah Dusun Manis “Rengganis”

Selain pesantren yang sudah eksisting seperti Pesantren Roudotul Mubtadi’in di Kampung Doyong, dan Pesantren Kyai Sulaeman di Kampung Sukasari… Di Kampung Rengganis juga terdapat Pesantren Al-Istiqomah, yang didirikan pada awal tahun 2000-an, dibangun di atas tanah wakaf Keluarga Ibu Istiqomah yang mendapat dukungan penuh dari masyarakat setempat.

Pesantren tersebut dibina oleh beberapa pengajar dibawah bimbingan Bapak Kyai Komar (Alm.) yang berasal dari daerah Pamulihan, dengan jumlah santri yang terus berkembang. Sebagian besar santri merupakan para pelajar yang sedang menuntut ilmu di sekolah formal seperti SD, SMP, SMA dan MTS yang berada di sekitar lokasi pesantren.

Hingga saat ini pesantren sudah memiliki fasilitas yang cukup representatif seperti masjid dua tingkat yang cukup megah, tempat wudhu & urinoir, beberapa unit ruang kelas, perumahan bagi pembina pesantren & keluarganya. Ruang kelas yang berada di bagian utara masjid merupakan perluasan paling akhir dari komplek area pesantren.

Semoga memberi kontribusi positif bagi perkembangan pendidikan dan pembangunan karakter di Kec. Subang…

 

Penulis : Adi Rahman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*