Jembatan Usaha Tani Dusun Tarikolot.
Jembatan Usaha Tani Dusun Tarikolot.

PEMBANGUNAN JEMBATAN DAN JALAN USAHA TANI DUSUN TARIKOLOT DESA SUBANG

Infrastruktur merupakan sarana vital bagi kemajuan sebuah daerah. Dengan terjaminnya sarana dan prasarana yang memadai, maka lalulintas dan kegiatan perekoniman satu daerah akan lancar. Apalagi di era sekarang, Dimana mobilitas perekonomian sangat cepat sekali bergulir.

Desa Subang sebagai desa yang mulai berkembang, kini sedang giat dalam membangun infrastruktur untuk menunjang perekonomian warga. Hal itu dilakukan sebagai wujud nyata moto desa Subang yaitu Sugri Walagri Malar Walatra yang berarti kebahagian bersama seluruh rakyat, secara merata.

Hal ini ditandai dengan pembangunan Jembatan yang menghubungkan dusun Tarikolot dengan pasawahan sawah luhur/hampelas. Tujuan dari pembangunan jembatan ini adalah untuk meningkatkan mobilitas warga dalam mengangkut hasil pertanian dari wilayah persawahan menuju ke kampung masing-masing.

Jalan Usaha Tani Dusun Tarikolot

Jalan Usaha Tani Dusun Tarikolot

Sebelumnya, jembatan yang menghubungkan wilayah tersebut hanya jembatan biasa yang terbuat dari bambu. Apalagi ketika musim penghujan tiba, jembatan tersebut sangat beresiko untuk dilintasi ketika ada air bah. Sehingga, hasil pertanian dari persawahan yang cukup luas yang ada di seputaran sawah luhur, Hampelas, Konengbodas, parenca, Cikored, dan daerah palatar cukup sulit untuk sampai ke rumah warga masing-masing, karena hasil panen tersebut tidak bisa diangkut dengan kendaraan bermotor. Melainkan harus dibawa satu persatu secara manual dengan tenaga manusia.

Pembangunan jembatan sebenarnya telah dilakukan sekitar dua tahun lalu, namun karena terkendali biaya, alas jembatan sementara masih memakai kayu (belum di Cor semua).

Kini pembangunan jembatan akan kembali dilanjutkan. Ditandai dengan syukuran yang dipimpin oleh sesepuh dusun tarikolot yaitu Ky Abdullah, dan dihadiri oleh Kepala Desa Subang Bpk. E. Sumarda dan Kasi Ekbang Bpk. Sujana, pengecoran akhirnya bisa segera dilaksanakan.

Jembatan Usaha Tani Dusun Tarikolot

Pembangunan jembatan dan jalan usaha tani Dusun Tarikolot bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2016.

Kedepannya diharapkan dengan adanya jembatan ini, produktivitas basil pertanian dan perkebunan dari wilayah tersebut dapat terserap secara optimal dan cepat. Agar kelak dikemudian hari, pertanian di desa Subang bisa memenuhi kebutuhannya sendiri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*