Sale Pisang

Oleh – Oleh Khas Desa Subang

Indonesia adalah sebuah negara yang sangat kaya dengan budaya, tempat wisata dan wisata kuliner yang tentunya bisa membuat lidah orang-orang yang mencicipinya bergoyang. Tentu saja hal itu terjadi karena rasa yang di berikan oleh makanan-makanan khas indonesia yang banyak sekali variannya.

Pada kesempatan kali ini desasubangkuningan.com akan mengajak para pembaca untuk membahas tentang makanan khas Desa Subang yang sangat terkenal dengan makanan-makanan yang rasanya bervareasi. Tentu saja hal ini membuat banyak orang yang ingin mencicipi dan menikmatinya.

Di Desa Subang Sendiri, banyak sekali jenis makanan khas. Beragam aneka makanan ini ternyata mampu menarik perhatian orang yang tinggal di luar daerah Desa Subang. Karena begitu nikmatnya beberapa makanan khas Desa Subang, maka orang – orang yang berkunjung ke Desa Subang pun tidak mau ketinggalan untuk membawa makanan khas Desa Subang untuk oleh-oleh.

Dibawah ini adalah daftar oleh-oleh khas Subang yang dapat Sobat bawa pada saat bekunjung ke Desa Subang untuk teman atau keluarga tercinta  :

 

  1. Wajit Subang
wajit subang

Wajit Subang

Wajit subang adalah makanan yang telah menjadi ikon Desa Subang. Wajit Subang ini dikenal luas karena rasanya yang khas dan kelenturan yang berbeda dari produk yang sejenis dari daerah lain.

Dibuat dengan menggunakan bahan alami  seperti gula merah, beras ketan, kelapa, dan dibungkus oleh kulit jagung, dan tanpa bahan kimia, wajit bisa bertahan lama,. bahkan bisa sampai sebulan jika pengolahannya mengikuti prosedur yang benar sesuai dengan resep warisan leluhur.

Cara pengolahannya pun tidak sulit, beras ketan yang telah dibubur dicampurkan dengan gula merah, lalu diaduk membentuk adonan sampai berwarna gula merah. Setelah itu dibungkus dengan kulit jagung lalu dijemur sampai kering. Namun, ketika kulit jagung sedang langka, biasanya bisa digantikan dengan kertas minyak sebagai bungkusnya.

  1. Sale Pisang
Sale Pisang

Sale Pisang

Sale pisang adalah salah satu jenis makanan yang terbuat dari bahan dasar pisang. Makanan ini biasa dibuat dengan cara diris tipis terlebih dahulu kemudian dijemur lalu digoreng dengan tepung supaya lebih renyah. Tujuan penjemuran adalah untuk mengurangi kadar air buah pisang sehingga pisang sale lebih tahan lama. Sale pisang merupakan salah satu makanan asli dari Indonesia yang banyak terdapat diseluruh wilayah di Indonesia, salasatunya yaitu Desa Subang.

Ketika anda berkunjung ke Desa Subang, sale pisang biasa dijadikan oleh-leh. Jenis makanan ini memiliki rasa yang manis. Sale pisang banyak digemari oleh semua orang dari berbagai kalangan.

  1. Simpring
Simpring

Simpring

Tahukah anda kalo Penganan khas yang terbuat dari bahan utama singkong ini, ternyata bukan hanya ada di daerah Bandung. Di Desa Subang Kuningan, ada Juga loh penganan khas yang serupa, tapi namanya berbeda Sob, Disana, penganan ini dinamakan SIMPRING.

Ya, simpring biasanya menjadi makanan wajib buat orang-orang desa subang pada acara-acara hajatan, sedekah, hari besar dan lainnya. Tidak hanya itu, biasanya simpring juga enak buat jadi teman makan nasi sebagai kerupuk.

Proses pembuatan simpring ini tidak terlalu rumit, Singkong yang telah diparut kemudian direndam dengan air, lalu dibiarkan selama satu malam. Besoknya, singkong yang telah direndam dikasih bumbu semacam ketumbar, daun bawang, jengkol atau bahan lainnya sesuai rasa yang diinginkan. Setelah itu tinggal dicetak sesuai ukuran dan hasil cetakannya dijemur hingga kering, tapi awas sob diacak-acak sama ayam ya jemuran simpringnya.. hihihihihi…

Ada dua jenis simpring di desa Subang ini loh Sob, ada simpring yang digoreng dan juga simpring yang di garang di bara api. Biasanya tuh kalo simpring yang digarang rasanya lebih gurih gimana gitu.!!! Apalagi dinikmati dengan nasi yang baru diangkat dari langseng dan sedang dikipasin (diakeul) oleh ibu kita Sob..

  1. Opak Ketan

Makanan tradisional yang berasal dari Desa Subang lainnya yaitu opak ketan. Opak ketan terbuat dari beras ketaan yang di olah melalui beberapa tahap, dari mulai pengukusan sampai penghalusan bahan atau di tutu. Dari hasil pelembutan/tutu tersebut selanjutnya di sebut “Janggel”. Kemudian janggel tersebut di bentuk bulat tipis menggunakan plastic yang sudah dilumuri minyak sayur supaya tidak lengket. Setelah itu dilakukan penjemura menggunakan “Ancak”. Setelah kering, kemudian proses selanjutnya yaitu pematangan menggunakan bara api. Dalam proses pematangan menggunakan bara api, ini diperlukan keahlian.  Opak Ketan khas Subang memiliki dua macam rasa, yaitu rasa asin dan manis.

Selain simpering, opak ketan juga menjadi makanan wajib ketika ada acara hajatan, sedekah dll. Selain itu juga, biasanya dijadikan bahan oleh-oleh.

Gimana Sob..??? tertarik untuk mencoba.? Jangan lupa ya kalau kalian main ke Desa Subang cari deh makanan seperti diatas, biasanya dijual di Pasar Subang. Yang letaknya di dekat Masjid Attaqwa atau di tempat – tempat penjualan oleh – oleh di sepanjang jalan Desa Subang.

Selamat berwisata….

 

 

 

 

 

 

 

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*