Air Bersih Pedesaan

Pengelolaan Air Bersih Pedesaan ( Desa Subang )

Air merupakan kebutuhan dasar bagi kehidupan manusia, karena air merupakan gizi makro yang sangat penting. Air berfungsi sebagai sumber asupan mineral, mengatur suhu tubuh, pembentuk cairan darah, pembentuk sel, dan melancarkan pencernaan.
Air bersih adalah salah satu jenis sumber daya berbasis air yang bermutu baik dan biasa dimanfaatkan oleh manusia untuk dikonsumsi atau dalam melakukan aktivitas mereka sehari termasuk untuk konsumsi air minum.
Namun kenyataan kelangkaan air bersih terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia khususnya di daerah pedesaan yang tidak terjangkau layanan PDAM. Ada sejumlah faktor penyebap mengapa sampai sejumlah desa atau kampung mengalami kelangkaan air, misalnya: sumber air yang jauh dari pemukiman penduduk, kemarau yang berkepanjangan, atau juga karena faktor topografi dimana sumber air berada dalam gua perbukitan yang elevasinya lebih rendah dari pemukiman penduduk (daerah pelayanan) sehingga air tidak bisa dialirkan secara gravitasi, dll.

Air Bersih Pedesaan.1

Air Bersih Pedesaan merupakan salah satu unit usaha milik Desa Subang yang dikelola oleh BUMDes (Badan Usaha Milik Desa), yang bergerak dalam distribusi air bersih bagi masyarakat Desa Subang.
Air Bersih Pedesaan Desa Subang yang dikelola oleh Bumdes bersumber dari dua sumber mata air.
1. Mata Air Cisurian
Air Bersih Pedesaan yang berasal dari sumber mata air Cisurian dimulai pada tahun 2010.
Dari sumber mata air Cisurian di distribusikan ke tiga Dusun, diantaranya Dusun Kaliwon, Dusun Manis (Bulakcaringin, Burujul, Doyong, Sukasari) dan Dusun Pahing (Jati).

2. Mata Air Madati
Dari sumber mata air Madati, mulai di resmikan pada awal tahun 2015. Dari sumber mata air ini didistribusikan ke Dusun Tarikolot.

Air Bersih Pedesaan.2

Air Bersih Untuk Umum

Mengingat kebutuhan akan air bersih sangat besar, maka dengan adanya sumber air bersih dapat memenuhi kebutuhan air minum dll, serta memberikan manfaat untuk kesehatan. Umumnya, masyarakat Desa Subang masih bisa menggunakan mata air yang jernih untuk dimanfaatkan sebagai sumber air demi memenuhi kebutuhan hidup.

Meteran Air Bersih Pedesaan

Meteran Air Bersih Pedesaan

One comment

  1. urang cirahayu

    sebelumnya saya mohon maaf karena saya kurang paham dan mengetahui perkembangan pembangunan desa subang serta dusun-dusun yang ada di desa subang, sekedar ingin mengetahui sampai dimana dan sampai kapan pembangunan dusun cirahayu yang sampai saat ini sumber air bersih di dusun cirahayu tidak ada proses atau penyelesaian yang serius, menurut pengakuan masyarakat bahwa di dusun Cirahayu tidak ada yang memungkinkan untuk dijadikan sumber mata air saat musim kemarau datang, pertanyaan saya. lalu sampai kapan bak penampungan Air yang sudah di bangun pada tahun 2010 itu di biarkan begitu saja, tanpa difungsikan sebagaimana rembug desa? apakah saat rencana kerja desa tidak di survei dulu sebelum membangun bak penampungan air tersebut? apakah tidak ada jalan keluar untuk masalah Air Bersih yang sangat di butuhkan Masyarakat DUSUN CIRAHAYU? mohon dijawab…….
    harapan saya, semoga pembangunan dusun-dusun di Desa Subang Kabupaten Kuningan bisa merata dan adil serta tidak ada indikasi Korupsi, terimakasih dan saya tunggu tindak lanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*