Simpring
Simpring

Penganan Ringan Dari Desa Subang “SIMPRING”

Bagi anda penggemar sitkom Preman Pensiun mungkin sering mendengar Kang Mus berjualan Kicimpring. Kang Mus diceritakan membuat usaha rumahan dengan membuat kicimpring sebagai produknya.

Namun tahukah anda kalo Penganan khas yang terbuat dari bahan utama singkong ini, ternyata bukan hanya ada di daerah Bandung. Di Desa Subang Kuningan, ada Juga loh penganan khas yang serupa, tapi namanya berbeda Sob, Disana, penganan ini dinamakan SIMPRING.

Ya, simpring biasanya menjadi makanan wajib buat orang-orang desa subang pada acara-acara hajatan, sedekah, hari besar dan lainnya. Tidak hanya itu, biasanya simpring juga enak buat jadi teman makan nasi sebagai kerupuk.

Proses pembuatan simpring ini tidak terlalu rumit, Singkong yang telah diparut kemudian direndam dengan air, lalu dibiarkan selama satu malam. Besoknya, singkong yang telah direndam dikasih bumbu semacam ketumbar, daun bawang, jengkol atau bahan lainnya sesuai rasa yang diinginkan. Setelah itu tinggal dicetak sesuai ukuran dan hasil cetakannya dijemur hingga kering, tapi awas sob diacak-acak sama ayam ya jemuran simpringnya.. hihihihihi…

Ada dua jenis simpring di desa Subang ini loh Sob, ada simpring yang digoreng dan juga simpring yang di garang di bara api. Biasanya tuh kalo simpring yang digarang rasanya lebih gurih gimana gitu.!!! Apalagi dinikmati dengan nasi yang baru diangkat dari langseng dan sedang dikipasin (diakeul) oleh ibu kita Sob..

Gimana Sob..??? tertarik untuk mencoba.? Jangan lupa ya kalau kalian main ke Desa Subang cari deh simpring, biasanya dijual di Pasar Subang. Yang letaknya di dekat Masjid Attaqwa atau di tempat – tempat penjualan oleh – oleh di sepanjang jalan Desa Subang.

Selamat berwisata….

 

Sumber : SIMPRING

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*