Pertemuan Bumdes Sekabupaten Kuningan

PERTEMUAN PENGURUS BUMDES SEKABUPATEN KUNINGAN

Pada hari kami tanggal 21 april 2016 sebanyak kurang lebih 100 orang perwakilan BUMDes sekabupaten Kuningan hadir di salah satu BUMDes Subang yaitu Objek Wisata Pemandian Cipanas untuk menghadiri rapat Teknis pengelolaan Bumdes Tahun 2016. Dipilihnya Cipanas sebagai tempat pertemuan, selain karena faktor alam yang Asri, juga sebagai percontohan untuk BUMDes lainnya yang masih berkembang.

Pertemuan Bumdes

Dalam pertemuan tersebut dibahas berbagai hal untuk memajukan Bumdes di daerah masing-masing. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk saling berbagi informasi tentang tata kelola aset Desa agar mendapatkan keuntungan dalam rangka pembangunan Desa di Kabupaten Kuningan.

Menurut Ketua Bumdes desa Subang, Bpk Mahidin mengatakan bahwa pertemuaan yang dilakukan sebagai upaya untuk sharing Ilmu antar pengelola Bumdes sekabupaten Kuningan. Hal ini sangat penting karena tidak semua Desa di Kuningan mampu mengelolanya secara Independen.

Rapat Bumdes.101

Dalam rapat yang digelar kemarin, menghasilkan beberapa poin yang ingin dilaksanakan, yaitu :

  1. Kerjasama Pengelolaan antar Bumdes sekabupaten Kuningan.
  2. Membuat Gedung Gerai Bumdes yang berlokasi di pusat Kota Kabupaten,
  3. Membuat MoU/ kesepakatan dengan instansi lain seperti Kantor pos, Dinas Pertanian, dan instansi yang berhubungan dengan Bumdes masing-masing.

Para peserta sepakat untuk lebih meningkatkan komunikasi antar pengurus. Hal ini diakukan agar tercipta kesinambungan kerja sama untuk jangka panjang. Agar Bumdes di kabupaten kuningan bisa maju dan menjadi pelopor pembangunan desa masing-masing.

 

Penulis : YWRH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*